RSS

Menghantam Jeratan Korupsi Dengan Tangan Kanan Tuhan: Mewujudkan “visi indonesia 2020”

11 Sep

MENGHANTAM JERATAN KORUPSI
DENGAN TANGAN KANAN TUHAN
MEWUJUDKAN “VISI INDONESIA 2020”

 Oleh:
Aprianto L. Kuddy
Program Magister Sains Akuntansi
Universitas Brawijaya, Malang
————————————————

Abstraksi

Korupsi adalah mencuri, yaitu mencuri hak hidup dari setiap jiwa-jiwa yang ingin hidup tenang dan sejahtera. Korupsi pada hakekatnya bertentangan dengan hukum kasih. Orang yang melakukan korupsi, berarti ia hanya mengasihi dirinya sendiri. Ia egois. Lebih dari pada itu, orang yang korupsi berarti ia merampas hak orang lain secara tidak sah. Ia membuat orang lain menderita. Karena itu dari segi manapun, korupsi adalah dosa yang harus diberantas sampai ke akar-akarnya (Soewardji, 2005), dan memberantas korupsi di Indonesia bukan suatu hal yang mudah karena upaya membasmi korupsi ibarat “memutus siklus lingkaran setan” yang tidak akan ada habisnya. Menurut penulis salah satu upaya pemberantasan korupsi dari berbagai macam cara yang ada, hanya bisa dihentikan secara komprehensif yang dimulai dengan melakukan revolusi kesadaran jiwa dari individu, yaitu dengan membentuk “Strength of Leadership Spirituality”.

Dalam mewujudkan visi Indonesia masa depan yang disebut Visi Indonesia 2020 yaitu “Terwujudnya masyarakat Indonesia yang religius, manusiawi, demokratis adil, sejahtera, maju, mandiri, serta baik dan bersih dalam penyelenggaraan negara”, sehingga paper ini menggambarkan sosok sang “Pemimpin” (manajer publik) sebagai “perpanjangan tangan kanan Tuhan di dunia” untuk menjadikan seluruh jemaat/rakyat makmur dan sejahtera, serta bebas dari jeratan korupsi kolusi, dan nepotisme. Pemimpin spiritual akan meyakini dalam dirinya bahwa uang yang dikelola adalah uang yang diamanatkan Allah untuk mensejahterakan rakyat di dunia.

Melalui gaya kepemimpinan spiritual, diharapkan agar tingkat moralitas seorang manajer/agen publik baik di pusat maupun di daerah akan semakin tinggi dan berlipat ganda. Pemimpin birokrasi yang diberikan amanat oleh Allah untuk mensejahterakan rakyat dengan mengedepankan gaya kepemimpinan spiritual hendaknya akan menjadi lilin-lilin kecil di tengah belantara gelapnya manajemen keuangan rakyat yang berimplikasi terhadap pelayanan publik yang buruk, kebocoran anggaran, membudayanya korupsi, kolusi dan nepotisme serta menjadi penerang bagi rakyat menuju era terang benderang. Oleh karenanya, paper ini dilakukan dengan merefleksikannya pada konsep-konsep filosofis lain yang relevan dengan konteksnya, sebagaimana tertuang dalam Alkitab/Injil (bible) sebagai rangkai pemikiran dalam bingkai perspektif spiritual Nasrani. Analisis disampaikan secara retorik, dalam arti banyak menggunakan metafora dan analogi-analogi, dengan harapan agar dapat dengan mudah dipahami.

Kata Kunci; Korupsi, Kepemimpinan, Spiritual, dan Leadership Spirituality

 ————————————————

Daftar Pustaka

  1. Agustina dan Achsin. 2008. Pemahaman Strukturasi Atas Praktik Audit Investigatif Pada Kantor Perwakilan BPK-RI Di Surabaya. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya
  2. Albrecht, W. Steve dan Chad O. Albrecht, (2003), Fraud Examination, South Western, a division Thomson Learning, United States of America
  3. Alkitab. (2004). Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia
  4. Collins, Jim, 2001. Good To Great: Why Some Companies Make The Laap and Other Don’t. Harper Business. New York: Harper Collins Publisher, Inc.
  5. Dubut. 2005. Menuju Masyarakat Anti Korupsi Perspektif Kristen. Departemen Komunikasi dan Informatika RI. Jakarta
  6. Hartanti, Evi, (2006), Tindak Pidana Korupsi, Penerbit Sinar Grafika, Jakarta
  7. Herry Tjahjono. 2003. kepemimpinan Dimensi keempat, Selamat Tinggal Krisis Kepemimpinan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  8. Ian Percy. 1997. Going Deep, Exploring Spirituality in life and Leadership. Arizona: Inspired Production Press. Hal. 265.
  9. Ludigdo, Unti, (2005), Pemahaman Strukturasi Atas Praktik Etika di Sebuah Kantor Akuntan Publik, Disertasi, Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya
  10. Miftah Thoha, (1993). Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Perilaku, Jakarta:Raya Srafindo Pustaka
  11. Mujtahid. Urgensi Kepemimpinan Berbasis Spiritual. http://www.uinmalang.ac.id /index.php?option=com_content&view=article&Id=2685:urgensikepemimpinanberbasisspiritual&catid=35:artikel-dosen&Itemid=210 (Diakses tangg al 3 Desember 2011)
  12. Musakabe. Nilai-nilai Kepemimpinan dan Peran Pemimpin Aparatur Pemerintah.http://herman musakabe.nttprov.go.id/?p=26 (Diakses tanggal 3 Desember 2011)
  13. Paulus Bambang, (2007), Penerapan Built to Bless, Warta Ekonomi, No 19, tahun XIX, September.
  14. Priyono, B.H, (2002), Anthony Giddens; Suatu Pengantar. KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), Jakarta
  15. Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi dan Kepemimpinan Masa Depan. PT Refika Aditama. Bandung
  16. Suwardji. 2005. Menuju Masyarakat Anti Korupsi Perspektif Kristen. Departemen Komunikasi dan Informatika RI. Jakarta
  17. Syafii’ie, Inu Kencana, (2003). Kepemimpinan Pemerinahan Indonesia. PT Refika Aditama. Bandung
  18. Tobroni. 2005. The Spiritual Leadership Pengefektifan Organisasi Noble Industry Melalui Prinsip-Prinsip Spiritual Etis. Malang UMM Press.
  19. Triyuwono, Iwan. 2003. Sinergi Oposisi Biner: Formulasi Tujuan Dasar Laporan Keuangan Akuntansi Syari’ah. Journal Of Islamic Economics. Vol. Vi. No. 5: 1411 – 013x
  20. Utama, Sampurna. “Reformasi birokrasi membutuhkan kepemimpinan spiritual”.Komunitas.wikispaces.com (Diakses Tanggal 4 Desember 2011).
  21. Zohar, Danah and Marshall, Ian. Spiritual Intellegence: SQ the ultimate intelligence. London. Bloomsburry Publishing. 2001.
 
Leave a comment

Posted by on September 11, 2013 in Hand Writing

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: