RSS

Kekuatan Spiritualitas Bagi Dunia Bisnis: Theoretical Of Christian Perspective (Abstraksi)

11 Sep

KEKUATAN SPIRITUALITAS BAGI DUNIA BISNIS
SEBAGAI “EXTENSION OF THE HAND GOD”
 (Theoretical of Christian Perspective)

Oleh:
A p r i a n t o  L.  K u d d y
106020306111008

Dosen Pengampu: Prof. Iwan Triyuwono, SE, M.Ec., Ak

A b s t r a k

Dalam artikel ini, penulis memberikan deskripsi melalui cara pandang kristiani tentang pentingnya suatu penerapan prinsip etika yang berpijak pada tataran spiritualitas yang dianggap sebagai bentuk “perpanjangan Tangan Tuhan” di bumi, mengingat bahwa kehendak Tuhan Allah yang adalah pencipta yang mengisyaratkan suatu perwujudan akan keseimbangan hidup, termasuk dalam aspek bisnis.

Tuhan telah menciptakan segala sesuatu di bumi secara seimbang dan mencukupi. Pada masa awal pembentukan dunia, tentu lingkungan tidak ada masalah dan tiada bercacat. Semua ada dalam keadaan seimbang. Namun yang sekarang adalah lingkungan yang mulai mengalami kerusakan yang hebat terjadi jauh sesudah nabi Adam tidak ada lagi di permukaan bumi. Manusia yang bertambah banyak jumlah dan keahliannya menjadikan bumi ajang untuk berbuat kerusakan. Kerusakan itu tentu tidak saja di darat tetapi di laut. Tidak saja di dataran rendah, kerusakan terjadi di bukit dan gunung. Kerusakan bahkan terjadi hingga ke dasar laut. Kerusakan yang paling besar sebetulnya adalah akhlak atau etika manusia. Manusia mulai menyembah selain Allah. Lebih dari itu manusia menjadi rakus karena alasan keuntungan yang sebesar-besarnya. Ini wujud kegagalan.

 Melanjutkan apa yang telah dipaparkan Parapak (2001) bahwa kehidupan bermasyarakat dalam mengelola bisnis, atau aktivitas apa saja dalam hubungannya dengan berkomunikasi dengan sesama umat manusia, mestilah selalu diwarnai oleh nilai-nilai spiritual yang kemudian diyakini akan mensinergikan etika dan laba. Hal ini memberikan gambaran bahwa penerapan konsep spiritualitas sebagai refleksi perpanjangan tangan Tuhan akan mengembalikan seluruh umat kepada fitrahnya dalam meraih cita-cita masyarakat yang madani, sekaligus secara khusus sebagai salah satu pilar yang diyakini akan memperkokoh dan merajut kembali rasa cinta manusia serta kepentingan bisnisnya kepada alam tempat mereka berpijak dan sesamanya manusia. Aspek kepemimpinan, lingkungan, karyawan, dan mengenai kompetitor (pesaing) menjadi pokok inspirasi yang dibahas dalam artikel ini.

 Kata Kunci: Pandangan Kristen, Bisnis, Spiritualitas, Aspek kepemimpinan, lingkungan, karyawan, kompetitor dan Keseimbangan.

 
Leave a comment

Posted by on September 11, 2013 in Hand Writing

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: