RSS

Laporan Laba Rugi: Single Step & Multiple Step

10 Sep

Sedikit saya coba membahas mengenai Laporan Laba/Rugi. Teringat ketika saya mengikuti ujian komprehensif akuntansi untuk mata kuliah akuntansi manajemen, sempat saya di tanyain sama dosen, “Coba kamu jelaskan sekaligus kamu gambarkan format Laporan Laba rugi secara sederhana saja katanya”?

Teman-teman tentunya tahu kalo yang namanya Laporan Laba/Rugi merupakan salah satu komponen dari komponen-komponen utama yang ada di dalam laporan keuangan selain Neraca, Perubahan Modal, dan Arus Kas.
Laporan Laba/Rugi Adalah Salah satu komponen laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai kinerja atau prestasi kerja dari suatu perusahaan yang terdiri dari Pendapatan Usaha dan Beban Usaha dalam satu periode tertentu. Jadi, laporan laba/rugi, yaitu terdiri dari Pendapatan dan Beban.

Perlu untuk teman-teman ketahui bahwa ada 2 bentuk Laporan Laba/Rugi, yaitu:

Bentuk Single Step 
Di dalam laporan Laba/Rugi bentuk Single Step, semua Pendapatan dikelompokkan tersendiri di bagian atas dan dijumlahkan, kemudian semua beban dikelompokkan tersendiri di bagian bawah dan dijumlahkan. Artinya jumlah pendapatan dikurangi jumlah beban, selisihnya merupakan laba bersih atau rugi bersih.
Jadi: Pendapatan Jasa – Beban2 = Laba/Rugi
Contoh Formatnya:

Bentuk Multiple Step.
Di dalam laporan Laba/Rugi bentuk Multiple Step, Pendapatan dibedakan menjadi pendapatan usaha dan pendapatan lain-lain, demikian halnya dengan beban dibedakan menjadi beban usaha dan beban lain-lain. Pendapatan dan beban di sajikan pertama kemudian pendapatn dan beban lain-lain disajikan kemudian.
Format bentuk Multiple Step:

Semoga bermanfaat!!

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on September 10, 2013 in Accounting

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: